Jenis Jenis Pipa Hdpe

Sebagai konsumen yang awam terhadap pipa HDPE tentu belum memahami secara terperinci ragam jenis pipa HDPE serta penggunaannya yang sesuai untuk kebutuhan project. Berikut ini adalah rangkuman dari varian atau jenis pipa HDPE dapat dikelompokan Berdasarkan Bentuk Produk, berdasarkan Penggunaan, dan berdasarkan kebutuhan tekanan

Berdasarkan Bentuk Produk

Pipa HDPE diproduksi dalam dua bentuk yaitu batang yang memiliki panjang 6 meter dan bentuk roll atau coil yang memiliki panjang 100 meter dari ukuran 12 inch sampai 1 inch dan ukuran panjang 50 meter mulai dari pipa 1-14 inch sampai dengan 3 inch.

1. Pipa HDPE Roll

Penyambungannya dapat dilakukan dengan menggunakan aksesoris pipa hdpe atau yang biasa disebut dengan Compression Joint. Pipa HDPE roll hanya tersedia dibawah ukuran 4 inch • Panjang 100 meter - 12 inch sampai dengan 1 inch • Panjang 50 meter - 1-14 inch sampai dengan 3 inch

2. Pipa HDPE Batang

Karena keterbatasan ukuran pipa HDPE diatas 4 inch tidak dapat digulung sehingga mulai dari ukuran pipa 4 inch sampai dengan 28 inch pipa HDPE berbentuk batangan sepanjang 6 meter. Ada pula pabrik HDPE yang memproduksi sampai dengan 48 inch. Metode penyambungan pipa batangan ini adalah dengan Butt Fusion menggunakan alat welding machine ( alat pemanas khusus pipa PE )

3. Pipa HDPE Corrugated

Pipa HDPE ini bentuknya didesain bergelang-gelang agar dapat lebih kuat menahan pergeseran dan getaran tanah. Pipa HDPE corrugated sangat cocok untuk perpipaan di bawah tanah (underground piping structure), pipa ini juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk aliran gravitasi atau jalur pipa low-head.

Berdasarkan Kebutuhan Tekanan

PN atau Pressure Nominal merupakan istilah yang biasa dipakai untuk representasi ragam tekanan pada pipa HDPE. Bisa diartikan PN adalah tingkat kekuatan pipa terhadap tekanan. Pipa PE-100 tersedia dalam beragam jenis PN berdasarkan standard SNI :

• Pipa HDPE PN-6.3 Ukuran mulai dari 3 inch hingga 24 inch. Jenis pipa ini digunakan pada instalasi air bersih bertekanan rendah karena memiliki tebal dinging yang tipis. Pipa PE ini tidak tersedia dalam bentuk roll.

• Pipa HDPE PN-8 Tersedia mulai dari ukuran 2-12 inch hingga 24 inch. Merupakan pipa yang dapat digunakan pada tekanan air cukup besar. Pipa ini menjadi pilihan terbaik digunakan untuk instalasi air tanpa tekanan atau tekanan rendah.

• Pipa HDPE PN-10 Tersedia mulai dari ukuran 1-12 inch hingga 24 inch. Ketahanan tekanan dari pipa ini mampu mencapai hingga 10 bar atau 10 Kg/cm2. Produk ini menjadi yang paling sering dipakai untuk instalasi air bersih bertekanan.

• Pipa HDPE PN-12.5 Pipa ini berbentuk batangan dan roll menyesuaikan dengan besar ukuran diameter pipa. Sangat sesuai digunakan pada saluran instalasi air bertekanan cukup tinggi. Pipa ini mampu menahan tekanan hingga 12.5 bar atau 12.5 Kg/cm2. Aplikasinya sangat kompatibel digunakan pada jalur distribusi air bersih fasilitas umum, kawasan tambang serta kawasan perumahan.

• Pipa HDPE PN-16 Tersedia dalam semua ukuran diameter mulai dari 12 inch hingga 24 inch kemasan produk berbentuk roll maupun batang. Pipa ini adalah yang paling kuat menahan tekanan besar pada jaringan instalasi air bertekanan tinggi.